Cara Setting Sparkpost Sebagai SMTP Pengirim Email Autoresponder

Dipanduan ini saya akan berikan kepada anda bagaimana cara setting Sparkpost sebagai alternatif lain untuk anda yang ingin mencoba SMTP Sparkpost sebagai SMTP Pengirim Email Autoresponder anda.

Sebenarnya banyak juga alternatif SMTP yang bisa anda gunakan selain sparkpost. Terkadang kita pengen beda dan pengen coba-coba juga untuk layanan SMTP lainnya.

SMTP disini menjadi sebuah layanan yang saya kira sangat penting karena nantinya itu akan berpengaruh terhadap deliverybility email yang anda kirimkan kepada list email anda. Jika list anda baru baru ratusan mungkin belum menjadi permasalahan yang terlalu serius, akan tetapi jika list email anda sudah mencapai diangka ribuan bahkan jutaan list maka pemilihan SMTP akan menjadi saangat penting. Terkait dengan masalah bugeting yang anda keluarkan setiap bulannya untuk berlangganan layanan SMTP tersebut. Dalam prinsip kita tentunya pengen jugakan bisa menerapkan low buget high impactkan..?

Nah …atas dasar itulah kenapa saya merasa penting bagi saya dalam menuliskan sebuah panduan untuk setting SMTP. Harapannya supaya kedepan nantinya ketika anda mempunyai layanan autoresponder sendiri anda bisa install dan setting sendiri untuk SMTPnya. Cara setting SMTP untuk step-stepnya sebenarnya hampir sama semua, Akan tetapi jika belum terbiasa atau menjadi sebuah hal awam yang belum pernah anda lakukan pasti anda akan merasa susah.

SUSAH bukan berarti anda tidak bisa akan tetapi karena anda belum terbiasa mengerjakannya. Kalau sudah terbiasa semuanya juga akan menjadi MUDAH bagi anda. Nah..sedangkan jika nanti kita mencoba Sparkpost sebagai SMTP pengirim email nantinya anda berikan 15.000 email GRATIS

Oke..langsung saja untuk Cara setting Sparkpost sebagai SMTP pengirim email Autoresponder saya menuliskannya dalam beberapa step

STEP 1: Buat account di Sparkpost

Saya tidak akan berikan anda contoh bagaimana cara daftarnya, saya yakin anda bisa lakukan sendiri. Jika anda belum punya akun di sparkpost silahkan registrasi dulu
Disini:  https://app.sparkpost.com/join
Jika anda sudah berhasil login maka nanti untuk tampilan dashbordnya akan seperti ini:

STEP 2: Setting SPF dan DKIM

Cara Memasang SparkPost sebagai SMTP Relay Anda, Ada beberapa hal yang Anda perlukan sebelum menyiapkan relay SMTP diantaranya adalah:

  • Verifikasi domain sender (pengirim email)
  • Buat API untuk mengizinkan Sparkpost “Kirim melalui SMTP” untuk diaktifkan.

Caranya kita Verifikaasi domain, silahkan masuk pada bagian setting lalu pilih pada bagian sending domains lalu anda tinggal tambahkan domain (add domain). Pada contoh ini saya coba dengan membuat dengan sender.wahyudi.info anda boleh menambahkan subdomain dengan nama lainnya misalkan: email.namadomainanda.com atau mailer.namadomainanda.com artinya disini nanti anda bebas menentukan sesuai dengan keinginan anda ya… ??

Setelah itu anda akan diberikan panduan setting DNS record untuk anda tambahkan didalam cpanel anda.

Dari Instruksi yang telah di berikan sparkpost lalu anda tambahkan kedalam hosting anda lalu masuk ke bagian Zone Editor.

Setelah anda tambahkan untuk type TXT nanti akan seperti ini:

sedangkan untuk type CNAME nanti akan seperti ini:

Jangan lupa untuk setting untuk SPF dari sparkport bisa anda bisa gunakan tools yang telah diberikan sparkport disini https://tools.sparkpost.com/spf/builder

Anda tinggal masukkan nama subdomain anda yang telah anda tambahkan tadi didalam setting sending domain seperti panduan diawal, karena saya menambahkan sender.wahyudi.info maka saya tuliskan subdomain domain tersebut pada tolls sparkpost builder.

Akhirnya ketemulah SPF subdomain anda yang juga harus anda tambahakan dalam layanan hosting anda.

Kemudian setelah anda tambahkan dalam layanan hosting anda akan seperti ini:

Untuk cara setting SPF dan DKIM cukup sampai disini, lalu anda tinggal klik dibagian verify TXT Record dan juga verify CNAME Record . Selanjutnya masuk dalam pengaturan Email setting didalam autoresponder anda, dan saya akan bahas di bagian STEP 3

STEP 3 : Create API Key 

Sebelum masuk kedalam setting SMTP dalam autoreponder jangan lupa anda harus buat API keys dahulu sebagai pasword SMTP server anda nantinya. Caranya cukup mudah anda tinggal klik di bagian sidebar kiri pada bagian setting lalu pilih API lalu anda tinggal create API Key 

Nantinya setelah itu anda catat API keys yang telah anda buat. Karena nanti itu yang akan anda gunakan sebagai password SMTP user anda didalam email setting autoresponder anda.

STEP 4 : Penggunaan SMTP Sparkpost dengan Autoresponder

Nah.. sekarang masuk dalam tahap akhir dalam panduan cara setting sparkpost sebagai SMTP pengirim email autoresponder anda. Maka untuk menambahkan sparkpost dalam SMTP kita kita harus tau dulu detail SMTP sparkpost. Untuk melihatnya anda kembali ke dashbord kemudian anda tinggal klik di bagian sidebar kiri pada bagian setting lalu pilih SMTP setting.

Disana akan ditampilkan detail dari Sparkpost SMTP

Dari data itulah yang anda masukkan kedalam email setting di autoresponder anda. Tapi harap dipastikan untuk layanan autoresponder anda bisa di integrate layanan SMTP luar.

Autoresponder bisa di integrate layanan SMTP luar diantaranya:

SendBlaster, Thunder Mailer, PHPList, MailWizz, Arpreach, EasyMail, Interspire Email, dll.

Dari detail SMTP setting sparkpost terbebut silahkan isikan kedalam settingan autoresponder anda. Didalam contoh ini saya pakai dengan port 587 jika anda juga menggunakan port 587 maka isikan seperti dibawah ini:

Sedangkan ketika anda ingin menggunakan server port 587 maka nanti tinggal anda sesuaikan seperti dibawah ini:

  • Sending method: SMTP
  • SMTP server: smtp.sparkpostmail.com
  • SMTP server port: 587
  • SMTP server user name: SMTP_injection
  • SMTP server password: API Keys (isi dengan API keys yang telah anda buat)
  • Encryption: TLS
  • Keep connection alive: Checklist

Kemudian anda test settingan anda tersebut dengan anda test SMTP anda apakah berhasil terkoneksi dengan autoresponder anda? jika seperti ini dibawah ini:

Done

Maka setingan anda sudah benar…artinya anda suddah bisa menggunakannya untuk mengirimkan email campaign anda dengan layanan SMTP sparkpost.

Selamat anda telah berhasil setting SMTP sparkpost.

Silahkan anda mencoba dan praktekkan jika ada kendala atau ada hal yang perlu di tambahkan didalam postingan ini, silahkan anda coment didalam kolom komentar di bawah post ini ya…!! ??

 

Tulis Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.