Panduan Cara Setting Amazon Simple Email Service (SES)

Cara marketing automation adalah bagaimana caranya supaya website anda akan dikenal oleh banyak orang. Jika website anda dikenal oleh banyak orang maka akan besar kemungkinan buat anda untuk menangkap email pengunjung website anda, sehingga nantinya bisa anda follow-up dikemudian hari.

Bicara tentang sebuah metode marketing automation maka kita akan identik dengan membangun database prospek/pelanggan. Membangun database sebenarnya bisa anda lakukan dengan berbagai cara, bisa dengan mengumpulkan data email, aaudice pixel, bisa dengan nomor handphone, atau bisa juga dengan melalui social media (facebook,instagram, twitter dll).

Membangun database bisa dengan media apapun, pada intinya bagaimana cara kita bisa dengan mudah untuk berinteraksi atau berkomunikasi kepada prospek/pelanggan kita dengan baik. Ada banyak software untuk membantu dalam kemudahan membangun database pelanggan. Beberapa tools lokal yang bisa jadi referensi untuk anda diantaranya:

  1. OrderLink
  2. Zuperpush
  3. Listkingdom
  4. Facebook Automation (FGA)

Oke…sedangkan dalam artikel ini bisa sebagai referensi informasi saja, buat anda yang ingin membangun data list email (listbuilding) untuk jangka panjang dengan harga murah dan hemat. Karena atas permintaan dari beberapa member tentang bagaimana cara setting amazon simple email service (SES) dan juga kebetulan saya sendiri juga menggunakan layananan Amazon SES untuk di website membership dan Autoresponder saya maka saya akan coba berbagi kepada anda juga dalam artikel ini.

Alasan kenapa saya menggunakan amazon SES..??

Sebelumnya lihat statistic yang di berikan oleh Amazon SES

Mereka berani kasih sending quota 50.000 email per 24 jam (1hari) apalagi Amazon SES dalam pengiriman email maxsimal bisa 14 email/detik.

account baru biasanya nanti anda hanya bisa mengirimkan 200 email jadi setelah selesai anda setting konfigurasi amazon SES sebaiknya anda segera menghubungi customer support dari Amazon untuk meningkatkan sending quota anda.

Sedangkan untuk harga kalau menurut saya “HEMAT & SANGAT MURAH”
sekali lagi ini hanya pendapat saya..!!tapi belum tentu juga anda sependapat dengan saya…

Jika anda mau lihat detail harganya bisa lihat disini:
https://aws.amazon.com/ses/pricing/

Selain itu karena amazon SES bisa terkoneksi dengan software membership maupun software email autoresponder yang support dengan layanan SMTP sebagai contoh: Arpreach, Sendy, Mailwizz, dan Mautic dan masih banyak lagi tentunya software/script autoresponder yang bisa kita install diserver/hosting kita dan bisa kita branding dengan nama domain kita sendiri.

Oke.. sekarang langsung saja, di sini saya akan bagikan tentang cara setting amazon SES, yang pastinya disini saya berharap anda sudah mempunyai account AWS. Jika anda belum punya maka silahkan anda daftar dulu. Daftar AWS di sini: https://aws.amazon.com/free/

Jikalau anda sudah punya account di AWS maka silahkan ikuti beberapa step berikut ini:

STEP 1 : Verifikasi domain untuk email pengirim menggunakan Amazon SES

Untuk mengirimkan email dengan Amazon SES anda juga perlu memverifikasi domain Anda dengan Amazon SES karena hal tersebut untuk membuktikan bahwa Anda adalah pemilik domain tersebut.

Yang pertama anda lakukan adalah cari dibagian menu Simple Email Service (SES)

 

Kemudian silahkan klik pada bagian Verify a New Domain.

Lalu masukkan domain anda, sebagai contoh di sini saya akan menambahkan domain weeklybonus.net untuk mendapatkan Domain Verification Record lihat contoh dibawah:

Setelah anda isikan domain di kolom yang di tentukan kemudian silahkan klik pada bagian Verify This Domain maka akan muncul pop-up instruksi untuk menambahkan SPF dan DKIM ke domain anda. contohnya seperti dibawah ini:

Karena saya pake cloudflare jadi saya tinggal tambahkan untuk DNS record yang telah diberikan amazon SES baik itu setting domain verification record, setting alternate domain verification dan setting DKIM record. Jika anda sudah menambahkannya maka tentunya akan seperti ini:

Untuk tahap tersebut saya anggap sudah mahir karena anda tinggal coppy dan paste aja.. 🙂

Kemudian silahkan anda kembali ke amazon SES. Selanjutnya silahkan anda lihat dibagian domain yang telah anda tambahkan tadi, jika statusnya disana masih pending, maka silahkan anda reload di domain tersebut. Maka secara otomatis nantinya domain anda sudah verified.

Setelah verified untuk SPF dan DKIM lalu laangkah yang harus kita kerjakan apa? Nah, sekarang anda tinggal setting untuk Bounce, Complaint dan Delivery (untuk delivery tidak di buat topic tidak apa-apa).

STEP 2 : Setting SNS (Simple Notification Service)

Silahkan buat topik Amazon SNS yang ingin Anda gunakan untuk menerima pemberitahuan. Anda dapat mempublikasikan pemberitahuan jenis event ke topik SNS Amazon yang sama atau ke topik Amazon SNS yang berbeda.

Pilih create new topic untuk kita setting email setting untuk Bounce, Complaint dan Delivery

Untuk identifikasi pemberitahuan email bounce saya contohkan dengan weeklybounces.

Anda boleh untuk menentukan nama topik sesuai keinginan anda. Karena saya telah buat banyak event di topic SNS (gambar diatas) maka untuk memudahkan saya untuk identifikasi email bounce untuk domain weeklybonus.net maka saya buat dengan nama weeklybounces.

Setelah berhasil membuat topic dengan nama weeklybounces untuk bounce, kemudian anda tinggal buat topic baru untuk complaint. Proses pembuatan topic baru untuk menangani complaint sama dengan anda membuat topic untuk bounce…hanya saja untuk bedakan saya contohkan disini dengan nama topic weeklycomplaint.


Setelah selesai anda membuat SNS untuk bounce dan complaint untuk proses yang selanjutnya yaitu buat subsciption.

Silahkan pilih salahsatu diantara beberapa pilihan protocol yang akan diarahkan kemana pemberitahuan tentang bounce dari amazon SES, caranya anda bisa arahkan melalui url link dari sebuah halaman khusus untuk email campaigns bounces, atau ada bisa juga setting dengan pemberitahuan melalui email , dsb..

Karena kebetulan saya juga pakai SENDY, maka saya tinggal arahkan saja ke halaman khusus untuk email bounce. contohnya seperti dibawah ini:

Sedangkan untuk complaint saya juga arahkan sendiri ke sebuah halaman khusus untuk complaint, seperti contoh dibawah ini:

Setelah 2 topic berbeda telah kita buat yaitu bounce dan complaint, maka setelah kita berhasil membuat topic tersebut lalu kita kembali ke dashbord dari SES

Klik pada bagian menu sidebar pilih domains, lalu anda tinggal klik domain yang telah kita tambahkan tadi. Nantinya anda akan diarahkan ke halaman tentang detail setting domain tersebut. Nah.. untuk itu, anda hanya perlu menyesuaikan kembali di bagian Notifications kemudian anda tinggal edit configuration.

Lalu and tinggal save config dan selesai.

Setelah kita selesaikan untuk edit konfigurasi dari complaint dan bounce maka domain anda sudah selesai otomatis verified. Jadi misalkan ketika saya mengirimkan email apapun dengan tambahan nama domain di belakang nama email (…@weeklybonus.net) maka nantinya saya tidak perlu setting ulang di amazon SES lagi.

Secara otomatis email yang menggunakan …@weeklybonus.net sudah terkoneksi dengan amazon SES.

STEP 3 : Test Kirim Email Dengan Amazon SES

Untuk kita mulai test kirim email dengan amazon SES anda hanya perlu untuk cheklist domain yang baru ditambahkan di Amazon SES.

Setelah itu kita pilih di menu send test email maka nanti akan muncul pop-up, lalu coba untuk membuat email singkat hanya untuk memastikan saja bahwa setting Amazon SES anda sudah benar dan berhasil.

Klik test email dan lihat hasil pengiriman email anda menggunakan amazon SES. Biarpun email anda baru akan tetapi akan tetap masuk inbox karena Amazon SES mempunyai Kemampuan Pengiriman yang Tinggi

Demikian caranya kita setting untuk penggunaan Amazon SES sebagai SMTP email anda supaya kemungkinan email yang anda kirimkan ke subscriber atau member anda akan selalu masuk kedalam INBOX.

Ada beberapa konnfigurasi yang perlu anda setting ketika anda ingin menggunakannya kedalam sebuah layananan software autoresponder maupun software membership dilayanan tersebut pasti akan diminta untuk User Security Credentials dengan memasukkan Access Key ID dan Secret Access Key dan tinggal anda sesuaikan dengan region anda.

Contohnya seperti ini:

Lalu untuk di Amazon SES kita dapatkan Access Key ID dan Secret Access Key itu di bagian mana…?

Kemudian anda buat user baru Get Started with IAM users. Akan tetapi jika anda sudah buat buat IAM user maka untuk melihat detail security credential anda silahkan klik di bagian Continue to Security Credential.

Untuk mengetahui Security Credentials anda anda bisa melihatnya pada bagian Access keys (access key ID and secret access key).

Sudah bisa di mengerti ya untuk sejauh ini. Sekarang mungkin anda bertanya…
Bagaimana jika saya menggunakan software autoresponder dimana software tersebut tersedia layanan email server dimana kita bisa sesuaikan dengan metode pengiriman email campaigns dengan menggunakan SMTP…?

Seperti layanan smtp yang lain untuk amazon SES juga menyediakan untuk SMTP setting lihat penampakannya berikut ini:

Anda tinggal buat SMTP credentialnya kemudian anda isikan didalam software aautoresponder. Sesuaikan saja untuk SMTP servernya kemudian untuk SMTP server port nya anda bisa pakai port 465 atau 587. Sedangkan untuk user dan password itu anda dapatkan dari SMTP credentials tersebut. Demikianlah sedikit panduan tutorial pengenalan dan penggunaan amazon SES untuk listbuilding anda.

Software untuk mengirimkan email newsletters dengan biaya 100x lebih murah via Amazon SES, dibandingkan anda berlangganan tiap bulan di layanan email autoresponder.

Anda bisa mencoba gunakan sendy sebagai layanan autoresponder email anda
Silahkan download disini →
untuk demo sendy anda bisa akses melalui URL link berikut https://sendy.co/demo/login

jika anda ingin mengunakan opensource Mautic sebagai layanan autoresponder email anda
Silahkan download disini →

Jika anda masih bingung atau anda masih ada terkendala terkait dengan setting Amazon SES atau ingin bertanya tentang cara install mautic/sendy anda bisa menghubungi saya di support member area atau melalui halaman kontak

Demikian yang bisa saya sampaikan semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda.

Tulis Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.